Senin, 08 Agustus 2011

5 FAKTA MENARIK TENTANG AIR KELAPA(SARAH FLOWER'S)

Siapa yang tidak suka minum air kelapa? Apalagi disaat cuaca terik, air kelapa terasa begitu menyegarkan. Tidak hanya enak untuk dijadikan minuman pelepas dahaga saja, air kelapa juga dipercaya banyak orang dapat mempercepat metabolisme, menawarkan racun sementara, membuat kulit terlihat awet muda hingga mengembalikan ion tubuh yang hilang setelah beraktivitas.

Namun, benarkah demikian? Berikut ini beberapa fakta menarik yang ditemukan dalam air buah kelapa seperti yang dikutip dari fitbie.com.

1. Mempengaruhi Metabolisme
Ada yang mengatakan, minum air kelapa bisa menyebabkan kegemukan. Padahal tidaklah demikian, yang dapat menyebabkan kegemukan adalah air perasan daging buah kelapa atau santan. “Dalam satu cangkir santan kental murni bisa menyumbangkan 445 kalori sedangkan air kelapa hanya 46 kalori percangkirnya.” terang Liz Applegate, Ph.D., director of sports nutrition di the University of California di Davis.

2. Minuman Pengganti Ion Tubuh
Kini banyak sekali dijumpai minuman isotonik yang berbahan dasar air kelapa murni. Air kelapa murni dipercaya bisa membantu pemulihan tubuh sehabis berolah raga atau beraktivitas berat. Karena selama berkeringat banyak natrium dan kalium yang terbuang, dan tubuh perlu menggantinya. Air kelapa adalah merupakan pembangkit kalium dan juga potasium sebesar 600 mg percangkirnya. Hal ini melebihi dari pisang (175mg) dan juga air mineral biasa.

3. Bikin Awet Muda
Ada rumor yang mengatakan kalau air kelapa bisa membuat Anda terlihat lebih muda. Kenyataannya, air kelapa mengandung cytokinins, hormon alami yang terdapat dalam tanaman untuk memperlambat penuaan pada buah. Hal ini pernah diteliti di Molecules, namun sayangnya belum terbukti kebenarannya pada manusia.

4. Membantu Pemulihan
Mabuk sehabis pesta semalam suntuk? Air kelapa kadang dicari sebagai solusi mengatasinya. Alasan sebenarnya bukanlah karena air kelapa memulihkan kondisi karena mabuk, tapi karena kandungan H2O menggantikan cairan yang terkuras karena alkohol. Air kelapa juga melumasi ginjal Anda sehingga tetap terhidrasi dengan baik.

5. Melindungi Jantung
Menurut Andrea Giancol RD, juru bicara American Dietetic Association diet tinggi kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Meskipun air kelapa adalah sumber mineral yang baik, namun bukan berarti Anda tak perlu mendapatkan asupan mineral dari makanan lain. Anda tetap memerlukan nutrisi jantung tambahan dari sayur, buah dan makanan lainnya. (walipop)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar