Minggu, 26 Juni 2011

Jumlah Kalori yang Dibutuhkan Ibu Hamil

Selama hamil, kesehatan dan perkembangan ibu hamil sangat dipengaruhi dari makanan yang dimakan ibu hamil. Setiap ibu hamil hendaknya memperhatikan nutrisi kehamilan dan segala kebutuhan ibu hamil selama masa kehamilan. Oleh sebab itu, suplemen gizi semasa hamil tidak boleh diabaikan. Penuhilah kebutuhan gizi dan nutrisi kehamilan dengan seimbang.
Ketika masa kehamilan, seorang ibu hamil perlu memperhatikan jumlah kalori yang dibutuhkannya. Biasanya kebutuhan ibu hamil dan nutrisi kehamilan meningkat sekitar 45% dari keadaan sebelum hamil. Jumlah kalori yang diperlukan ibu hamil selama masa kehamilan adalah sekitar 2500 kalori perhari. Jumlah tersebut akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Pada trimester kedua, terjadi pertambahan jumlah kalori yang dibutuhkan ibu hamil sekitar 340 kalori perhari, sedangkan pada trimester ketiga kebutuhan jumlah kalori bertambah sekitar 450 kalori perharinya. Jumlah kalori yang dibutuhkan ibu hamil bertambah, hal tersebut dikarenakan janin yang berada di dalam kandungan terus mengalami perkembangan dan penyempurnaan organ-organ tubuhnya, sehingga kebutuhan gizi yang diperlukan juga bertambah.
Kebutuhan dasar gizi ibu hamil yang sangat penting untuk selalu dijaga demi terpenuhinya kebutuhan ibu hamil dan nutrisi ibu hamil selama masa kehamilan diantaranya adalah :
• Kebutuhan Protein
Protein berfungsi untuk menjaga dan memperbaiki jaringan sel. Oleh karena itu,ibu hamil diharapkan mampu memenuhi kebutuhan protein sekitar 60 gram protein perharinya untuk memenuhi nurtisi kehamilannya.
• Kebutuhan Karbohidrat
Sekitar 60% dari jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh adalah karbohidrat. Wanita yang sedang hamil membutuhkan karbohidrat sekitar 1.500 kalori perharinya. Karbohidrat mengandung sumber energi tinggi yang bisa langsung dipergunakan tubuh.
• Kebutuhan Vitamin
Kebutuhan ibu hamil akan vitamin sangat besar, hal tersebut dikarenakan vitamin diperlukan untuk mempertahankan kesehatan tubuh. Selama masa kehamilan vitamin penting untuk perkembangan janin dan kekebalan tubuh janin.
• Kebutuhan Asam Folat
Asam folat merupakan nutrisi kehamilan yang sangat penting untuk perkembangan otak janin.
• Kebutuhan Mineral
Mineral merupakan nutrisi kehamilan yang penting bagi tubuh ibu dan tumbuh kembang janin. Mineral berperan meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh dan berperan dalam pembentukan jaringan sel pada janin.
Pentingnya nutrisi kehamilan, mengharuskan ibu hamil untuk memperhatikan kebutuhan ibu hamil selama masa kehamilan. Selain itu, penuhilah jumlah kalori yang diperlukan tubuh, demi terwujudnya kehamilan yang sehat.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar