Sabtu, 25 Juni 2011

MAKANAN IBU HAMI



Makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh ibu-ibu yang sedang hamil, diantaranya adalah sebagai berikut:
Apel
Buah ini mengandung zat antioksidan. Selain bisa menangkal rasa lapar sebelum waktu makan, buah apel juga bermanfaat untuk mencegah sakit asma pada bayi. Menurut suatu penelitian terbukti bahwa ibu hamil yang mengkonsumsi apel lebih dari 4 buah apel setiap minggu, akan melahirkan bayi yang bebas dari penyakit asma.
Sayuran Berdaun Hijau
Sayuran yang berdaun hijau banyak mengandung asam folat; yaitu zat yang dibutuhkan untuk perkembangan bayi selama masa kehamilan; mencegah bayi lahir cacat dan prematur.**kok mirip iklan susu ibu hamil ya?hihi…**. Tapi memang benar, berdasarkan pengalaman seorang ibu di Malaysia, yang melahirkan bayi tanpa batok/tempurung kepala(kalo ga salah istilahnya enchepalus); menurut dokter kandungannya, hal ini terjadi karena kurangnya zat asam folat pada saat kehamilan.
Sumber asam folat ini antara lain terdapat dalam sayuran berdaun hijau, seperti brokoli, bayam,kembang kol, dan asparagus. Selain itu, di dalam susu-susu ibu hamil juga biasanya selalu terdapat asam folat.
Ikan Laut
Ikan laut, seperti kerang, mengandung Zinc dan DHA(Docosahexanoic acid), yang akan membantu mengoptimalkan proses tumbuh kembang janin, misalnya pembentukan otak. Selain itu, konsumsi ikan yang cukup pada saat kehamilan, ternyata mencegah bayi terkena alergi kulit.
Kalsium
Kalsium dibutuhkan untuk pembentukan tulang dan gigi janin. Jika masukan kalsium pada saat kehamilan kurang, maka janin akan mengambilnya dari persediaan kalsium yang ada pada tubuh ibunya. Hal ini bisa menyebabkan ibu hamil merasakan pegal-pegal, dan efek lebih jauhnya bisa menyebabkan osteoforosis.
Selain dari susu, sumber kalsium alami bisa diperoleh dari ikan teri, dan kacang-kacangan(tahu dan tempe).
Demikian, beberapa makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh ibu-ibu hamil.
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar