Sabtu, 25 Juni 2011

PENAMBAHAN BERAT BADAN



Menurut ahli kesehatan, kenaikan optimal berat badan wanita hamil adalah 11-16 kg (25 lb–35 lb) dengan berat dan tinggi badan rata-rata.
Jika berat badan normal sebelum hamil terbilang rendah, atau anda berusia 19 tahun kebawah, maka berat badan perlu dinaikkan lagi. Sedangkan bila anda mengandung bayi kembar, maka kenaikan berat badan akan lebih besar lagi.
Jika berat badan sebelum hamil termasuk besar, kenaikan berat badan tidak perlu terlalu banyak. Upayakan untuk mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi, dan hindarilah berpantang makanan/ diet karena setiap kalori sangat berarti bagi pertumbuhan janin anda.
Tanyalah kepada dokter, pertambahan berat badan yang optimal bagi anda. Ingatlah bahwa ahli kesehatan adalah sumber informasi terpercaya mengenai kebutuhan-kebutuhan khusus anda.


Profil
Pertambahan berat badan
Berat badan normal
11.5 - 16.0 kg (25 - 35 lb)
Berat badan rendah
12.5 - 18.0 kg (28 - 40 lb)
Berusia dibawah 19 tahun
12.5 - 18.0 kg (28 - 40 lb)
Kelebihan berat badan
7.0 - 11.5 kg (15 - 25 lb)
Obese
6.8 kg (setidaknya 15 lb)
Hamil bayi kembar
16.0 - 20.5 kg (35 - 45 lb)

Kenaikan berat badan selama kehamilan akan mempengaruhi berat lahir bayi. Bayi yang lahir dengan berat rendah (<3 kg [6.6 lb]) akan menghadapi masalah yang berhubungan dengan berat lahir rendah. Sedangkan bayi yang lahir sangat besar (>4 kg [8.8 lb]) dapat menyulitkan kehamilan dan persalinan.
Berat badan anda akan ditimbang setiap kali memeriksakan diri ke ahli kesehatan untuk memastikan ketepatan kenaikan berat badan. Memonitor berat badan yang ideal adalah satu cara memantau apakah bayi telah mendapatkan asupan gizi yang cukup.

Hampir separuh dari tambahan berat itu berbentuk janin yang terus membesar selama anda hamil. Berat badan juga bertambah karena jaringan tubuh anda yang membesar, volume darah dan cairan tubuh yang bertambah, serta tambahan lemak yang disimpan tubuh.

Hampir seluruh pertambahan berat terjadi pada dua trimester akhir. Pada kebanyakan wanita, kenaikan sebesar 1 - 2 kg (2.2–4.4 lb) terjadi pada trimester pertama, disusul kenaikan teratur sekitar 400 g (0.9 lb) per minggu sampai mencapai 10 lb pada minggu ke-20, 19 lb pada minggu ke-30, dan 27 lb diakhir kehamilan.

Anda mungkin menguatirkan pertambahan berat badan sewaktu hamil karena takut tidak akan turun lagi setelah melahirkan. Banyak penelitian menunjukkan bahwa setelah melahirkan hanya 4 kg (8.8 lb) yang tersisa, sedangkan dalam 6 minggu kemudian hanya tersisa 2 kg (4.4 lb).
Apabila anda mengikuti saran pertambahan berat badan yang diberikan ahli kesehatan, seluruh pertambahan berat badan itu akan hilang dalam waktu 8 bulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar